Pengertian Ekologi Lingkungan

Pengertian Ekologi Lingkungan
Ekologi berasal dari dua kata yaitu Oikos:  tempat tinggal, rumah tangga, penyokong kehidupan dan Logos:  ilmu pengetahuan. Jadi definisi ekologi adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan rumah tangga sistem penyokong kehidupan. Pada dasarnya ekologi mempelajari hubungan timbal balik antara organisme dengan tempat tinggalnya yang saling mempengaruhi antara jenis organisme serta interaksi antara unsur unsur penyusun tempat tinggal dalam ekologi.
Komponen Penyusun Ekologi
1. Makhluk hidup (komponen hayati atau biotik) meliputi: flora, fauna, mikroorganisme, manusia
2. Tempat tinggal atau rumah tangga (komponen fisik / geofisik) meliputi: tanah, air, udara
Klasifikasi Pengengertian Ekologi
a) Ekologi diberi batasan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari satu organisme hidup atau sekelompok organisme hidup dengan lingkungannya.
b) Ekologi yang mempelajari organisme secara individu disebut autekologi, sedangkan ekologi yang mempelajari sekelompok individu disebut sinekologi.
c) Lingkungan hidup terutama dikaji dalam ilmu lingkungan yang merupakan ekologi terapan (applied ecology) dengan tujuan agar manusia dapat menerapkan prinsip dan konsep pokok ekologi dalam lingkungan hidup.
d) Dalam ekologi hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya bersifat obyektif, manusia dipandang sama dengan makhluk hidup lainnya.
e) Dalam ilmu lingkungan manusia dibedakan dengan makhluk hidup lain, pandangan hubungan antara manusia dengan lingkungan bersifat subyektif ( ekologi= environmental biology  dan ilmu lingkungan= environmental science).Dalam ekologi interaksi bukan hanya hanya antara organisme dan komponen abiotik tetapi juga antara organisme hidup itu sendiri. Interaksi dapat terjadi diantara organisme yang sejenis (populasi)

1 Response to "Pengertian Ekologi Lingkungan"